ANIMASI

21/05/11

Animasi adalah sesuatu yang sangat unik kalo di buat unik jorok kalo di buiat jorok yach tergantung kariteria seseorang yang membuatnya,,, janagnsalah lo animasi yang unik dan menarik bisa menghibur orang kan lumayan dapat pahala buat orang tersenyum dari pada lumayun hayoooo.. tulkan
yok ah ikut saya akan membawa kalian ke dunia animasi biar tau n mengerti sdikit sedikit tentang animasi satu lagi biar kagak kitinggalan zaman kwkwkwk :) kidding


Animasi merupakan suatu seni untuk membuat dan mengerakkan sebuah obyek, baik berbentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi dan dibuat menggunakan berbagai cara, misalnya menggunakan kertas, komputer dan lain sebagainya. Animasi saat ini telah menjadi industri besar yang memberikan dampak ekonomi dan sosial yang begitu besar bahkan cukup signifikasi terhadap pendapat sebuah negara.
Animasi berawal dari kontribusi hasil karya seorang yang bernama walt disney yang lahir dengan nama walter alias disney, Walt lahir di Chicago, Illinois dengan orang tua bernama Elias Disney dan Flora Call. Pada 1906, mereka semua pindah ke sebuah peternakan dekat Marceline, Missouri,amerika serikat.
Walt sejak kecil sudah memiliki hobi menggambar, khususnya gambar kartun, mulai dari sketsa hingga kartun yang berwarna. Suatu saat berawal ketika walt remaja pergi kerumah pamannya untuk berkunjung, dan berjalan-jalan untuk mencari sesuatu di ladang pamannya, disana ditemukan banyak sekali tikus-tikus ladang yang berkeliaran disekitarnya. Melihat banyaknya tikus-tikus tersebut, suatu saat terinspirasi oleh tikus-tikus tersebut dan muncul keinginan untuk menuangkan imajinasinya tersebut kedalam bentuk kartun, maka dicobalah membuat sketsa kartun yang berasal dari objek tikus yang dilihatnya. Banyaknya imajinasi yang muncul membuatnya untuk melakukan proses pencarian bentuk, bagaimana menggambarkan komponen-komponen anggota tubuh tikus tersebut agar terlihat lucu, menarik dan tidak menjiijikan. 
 
Animasi berasal dari bahasa latin, anima, yang artinya jiwa, hidup, nyawa dan semangat. Animasi adalah gambar dua dimensi yang seolah-olah bergerak. Animasi ialah suatu seni untuk memanipulasi gambar menjadi seolah-olah hidup dan bergerak, yang terdiri dari animasi 2 dimensi maupun 3 dimensi. Animasi 2D membuat benda seolah hidup dengan mengunakan kertas atau komputer. Animasi 3D merupakan animasi yang dibuat dengan menggunakan model seperti yang berasal dari lilin, clay, boneka/marionette dan menggunakan kamera animasi yang dapat merekam frame demi frame. Ketika gambar-gambar tersebut diproyeksikan secara berurutan dan cepat, lilin atau clay boneka atau marionette tersebut akan teihat seperti hidup dan bergerak. Animasi 3D dapat juga dibuat dengan menggunakan komputer. Proses awalnya adalah membentuk model, pemberian tekstur, warna, hingga cahaya. Kemudian model tersebut diberi kerangka, warna, hingga cahaya. Kemudian model tersebut diberi kerangka dan gerakanya dirancang satu persatu. Seluruh proses pembuatannya dari awal hingga akhir dikerjakan di komputer. Contohnya film Shrek atau Final Fantasy.
 Animasi Menurut Ibiz Fernandes dalam bukunya yang telah dia ciptakan yaitu Macromedia Flash Animation & Cartooning: A creative Guide, animasi definisikan sebagai berikut

“Animation is the process of recording and playing back a sequence of stills to achieve the illusion of continues motion” ( Ibiz Fernandez McGraw- Hill/Osborn, California, 2002)
Yang artinya kurang lebih adalah : “Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.” Berdasarkan arti harfiah, Animasi adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.
Secara garis besar, animasi computer dibagi menjadi dua kategori, yaitu:
a. Computer Assisted Animation, animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada system animasi 2 dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Computer digunakan untuk pewarnaan, penerapan virtual kamera dan penataan data yang digunakan dalam sebuah animasi.
b. Computer Generated Animation, pada kategori ini biasanya digunakan untuk animasi 3 dimensi dengan program 3D seperti 3D Studio Max, Maya, Autocad dan lain sebagainya.
ok sejenak kita break dulu ea salah satu contoh animasi yang saya buat, saya gunakan photo kawan nich hikhikhik ;) mf sob ya



Photobucket

 M. Nur Salim , Cakep tak tu... ayoo ayo siapa yang mau daftar, mksudnya siapa yang mau daftar jadi pembantu dia di rumah dia.... kwkwkwk gurau ajalah ya sob...
ok next kita jalan jalan lagi ke dunia animasi
banyak sekali jenis jenis animasi lo diantaranya 
a. Animasi 2D (2 Dimensi)
animasi ini banyak kita jumpai di film kartun Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu, yang populer kebanyakan film Disney, namun bukan Walt Disney sebagai bapak animasi kartun. Contoh lainnya adalah Felix The Cat, si kucing hitam. Umur si kucing itu sudah lumayan tua, dia diciptakan oleh Otto Messmer pada tahun 1919. Namun sayang, karena distribusi yang kurang baik, jadi kita sukar untuk menemukan film-filmnya. Bandingkan dengan Walt Disney yang sampai sekarang masih ada misalnya Snow White and The Seven Dwarfs (1937) dan Pinocchio (1940).
b. Animasi 3D (3 Dimensi)
Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Semenjak Toy Story buatan Disney (Pixar Studio), maka berlomba-­lombalah studio film dunia memproduksi film sejenis. Bermunculanlah, Bugs Life, AntZ, Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc., hingga Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale. Cars, Valian. Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi 3D atau CGI (Computer Generated Imagery).

c. Animasi Tanah Liat (Clay Animation)

Kata orang, meskipun sekarang sudah jamannya Pizza dan Bistik, namun terkadang kita juga masih kangen dengan masakan tradisional seperti sayur asem. Ungkapan tersebut cocok buat animasi Clay Animation.
Jenis ini yang paling jarang kita dengar dan temukan diantara jenis lainnya. Padahal teknik animasi ini bukan termasuk teknik baru seperti pada saat Toy Story membuka era baru animasi 3D. Bahkan, boleh dibilang nenek moyangnya animasi. Karena animasi pertama dalam bentuk CIay Animation. Meski namanya clay (tanah liat), yang dipakai bukanlah tanah liat biasa. Animasi ini memakai plasticin, bahan lentur seperti permen karet yang ditemukan pada tahun 1897. Tokoh-tokoh dalam animasi Clay dibuat dengan memakai rangka khusus untuk kerangka tubuhnya, lalu kerangka tersebut ditutup dengan plasficine sesuai bentuk tokoh yang ingin dibuat. Bagian-bagian tubuh kerangka ini, seperti kepala, tangan, kaki, disa dilepas dan dipasang lagi. Setelah tokoh-tokohnya siap, lalu difoto gerakan per gerakan. Foto-foto tersebut lalu digabung menjadi gambar yang bisa bergerak seperti yang kita tonton di film. Animasi Clay termasuk salah satu jenis dari Stop-motion picture. Film Animasi Clay Pertama dirilis bulan Februari 1908 berjudul, A Sculptors Welsh Rarebit Nightmare. Untuk beberapa waktu yang lalu juga, beredar film clay yang berjudul Chicken Run.

d. Animasi Jepang (Anime)
Film-film yang dibahas diatas adalah kebanyakan buatan Amerika dan Eropa. Namun, Jepang pun tak kalah soal animasi. Jepang sudah banyak memproduksi anime (sebutan untuk animasi Jepang). Berbeda dengan animasi Amerika, anime Jepang tidak semua diperuntukkan untuk anak-anak, bahkan ada yang khusus dewasa.
Bicara tentang anime, ada tokoh legendaris, yaitu Dr. Osamu Tezuka. Beliau menciptakan Tetsuwan Atom atau lebih dikenal dengan Astro Boy. Seperti film animasi Amerika atau Eropa, Anime juga terdiri dari beberapa jenis, tapi yang membedakan bukan cara pembuatannya, melainkan formatnya, yaitu serial televisi, OVA, dan film bioskop.


Teknik Menciptakan Animasi
Dalam perkembangan hingga kini, terdapat beberapa teknik untuk membuat animasi, yaitu:
1. Teknik animasi Hand Drawn
Ini adalah teknik animasi klasik yang mengandalkan kemampuan tangan untuk membuat gambar frame per frame secara manual, baik itu gambar tokoh karakter, maupun gambar background digambar dengan menggunakan tangan. Setelah itu ,gambar foreground dan background ditumpuk secara layering untuk kemudian dipotret satu persatu, hingga menghasilkan animasi yang utuh. Teknik ini dipergunakan oleh Walt Disney dan Warner Bros hingga sekarang, seperti yang terlihat dalam film animasi Lion King, Alladin, Beauty and the beast, dan lain-lain, mereka memiliki goresan yang tidak dilakukan dengan komputer.
2. Teknik animasi Stop Motion / Clay animation
Clay adalah ebutan lain untuk tanah liat. Animasi dibuat dengan menggerakkan objek atau model dari boneka ataupun bahan elastis yang terbuat dari clay / tanah liat atau tanah liat sintetis. Obyek digerakkan sedikit demi sedikit dan kemudian diambil gamabrnya satu per satu. Setelah diedit dan disusun, Apabila rol film dijalankan, akan memberikan efek seolah-olah boneka atau model tersebut bergerak . Contoh animasi yang menggunakan teknik ini adalah Nightmare Before Christmas, serta tayangan MTV: Celebrity Death Match.
3. Teknik animasi Hand Drawn dan Computer.
Pada teknik ini, gambar sketsa kasar dibuat dengan tangan, lalu di-scan untuk kemudian diberi warna dan finshing menggunakan komputer.


sob istrahat sejenak ya... kita liat lagi animasilah yok flend...
ni jga animasi yang gak jauh beda dari yang tadi kami buat haya sebagai pelepas kejenuhan ke yang lebih bermanfaat why not ya friend :)
mf sob... photo kamu ku pinjam hehehe
Photobucket

SANDI SAHMAN DAMANIK ini cowo yang paling mapan n dewasa di lokal kami sob... jangan liatin matanya lo kedipannya itu membuat kita terhipnotis loh :) hehehe, mf sob ku jadikan HULK hehehe ;)
ok sob.. masih setiakah di sana bersama kami dama pembahasan tentang animasi ? smile dulu dwonk sob.. :)
lanjt yuk ahhhhh
animasi begitu bayak digunakan bahkan di dunia perfilman kini bayak mengunakan animasi animasi sehingga film tersebut menjadi berkualitas bahkan membawa daya tarik yang luar biasa yang membuat kita pingin menonton film tersebut salah satu contoh film animasi yang bayak di tonton di khalayak umum adalah AVATAR, TRANSPORMER, bahkan  UPIN IPIN animasi film yang bayak di lihat oleh anak anak dan bersifat mendidik selain itu juga terdapat film animasi animasi terbaru salha satunya Gnomeo & Juliet (2011)
 Film gnomeo & juliet ini merupakan film animasi ber-genre petualangan + komedi. Keren abiz pokoknya.
dengan animasi impian bisa kita wujudkan walau hanya sebatas dunia maya.
PRODUCTION
Setelah melalui proses praproduksi, maka animator mulai bekerja menggambar gambar-gambar ekstrim yang menjadi penentu arah gerakan/antisipasi yang lebih dikenal keyframe; sang animator yang bertanggung-jawab untuk membuat gambar-gambar keyframe ini disebut keyframer. Seorang keyframer harus memperhatikan kaidah-kaidah animasi dalam membuat gerakan-gerakan animasi seperti; anticipation, timing, delayed secondary action, squash-stretch, balance, staging,overlapping action,gesture dan masih banyak lagi. Selesai keyframe dibuat, maka proses berlanjut pada pengisian gambar-gambar yang mengisi gerakan diantara gambar-gambar keyframe yang disebut inbetween. Banyak sedikitnya jumlah gambar inbetween tergantung pada durasi yang dibutuhkan dalam melakukan gerakan dari keyframe yang satu ke keyframe berikutnya.
animator yang bertugas membuat gambar inbetween adalah inbetweener. Sampai pada proses ini, animasi gerakan sudah bisa dilihat.Proses produksi biasanya tidak dilanjutkan sebelum director dan animator berdiskusi untuk mengevaluasi seluruh gerakan animasi. Proses ini disebut line test atau disebut juga pencil test karena media yang digunakan pada proses ini adalah pensil.
Kadang dalam sebuah film animasi, banyak adegan yang harus dikerjakan oleh lebih dari satu animator. Hal ini menyebabkan banyaknya gaya / style penggambaran keyframe atau inbetween yang berbeda-beda antara satu animator dengan yang lain. Untuk mengatasi hal ini, maka dibutuhkan tenaga cleaned-up artist yang bertugas menyamakan gambar-gambar animasi yang sudah dibuat. Cleaned-up animasi yang sudah jadi ditrace ke transparent cel ( celluloid ) dengan pena tinta. Kemudian proses pewarnaan dilakukan dibelakang kertas celluloid dengan opaque acrylic paint. Proses ini dinamakan proses inking atau pen-tintaan. Proses ini adalah proses production terakhir sebelum kertas cel siap diletakkan pada gambar latarbelakang ( background ) yang kemudian diphotograph dengan kamera animasi.
Dengan berkembangnya teknologi, proses konvesional ini sudah mulai ditinggalkan oleh banyak studio studio. Setelah proses keyframing, biasanya proses inbetweening dilakukan dengan komputer software khusus yang bsa langsung membuat inbetween secara digital. Jika anda pernah menyaksikan flash atau shockwave animation di internet, anda akan melihat bahwa proses yang dikerjakan mirip sekali dengan animasi web tersebut. Jika pada awalnya semua garis discan menjadi gambar raster. Maka pada software animasi ini gambar dikonversi menjadi vektor. Vektor-vektor inilah yang akan bertransformasi menjadi inbetween sesuai dengan calculasi yang dilakukan komputer. Untuk proses inking juga sudah banyak yang dikerjakan dengan tenaga komputer sehingga biaya proses produksi bisa jauh lebih murah dan cepat ketimbang proses konvensional.
Tentu saja hal tersebut menjadi ancaman besar bagi para animator dan inbetweener. Mau tidak mau, mereka harus belajar untuk mengendalikan komputer berikut software animasinya kalau tetap ingin bertahan di bidang animasi.

 


ok sobat break dulu barusan ada permintaan ada ikalan sebentar mau tampil
ok
eng...
ing....
eng.....

Photobucket

ALAMSYAH cowo cakep yang tiada banding tapi ada banting...kwkwkw
salah satu mahasiswa di UNIVERSITAS KARIMUN yang duduk di fakultas teknik informatika
yuk ah sob jalan jalan lagi janagn terlalu lama liat animasi di atas tar kena pelet loch kwkwkwkw.
ISTILAH YANG SERING DIGUNAKAN DALAM CELL ANIMATION
Metoda animasi yang sering digunakan:
Straight Ahead Animation: animasi yang hanya menggunakan metode gambar dari gerakan satu ke gerakan lain dalam sebuah sekuen yang berkembang.
Pose Planning Animation: aniamsi yang menggunakan metode key atau extreme pose.
Planned Animation: sebuah sistem yang mengunakan gambar animasi yang sama pada adegan yang berbeda. Sistem ini sering digunakan dalam pembuatan kartun seri untuk acara TV karena deathline yang harus dikerjakan dalam pembuatan TV series.
Cycle Animation : sistem penggunaan celluloid panjang ( 12 inches ) untuk menggambarkan gerakan yang berulang-ulang. Sistem ini biasa digunakan untuk paning camera movement.
Limited Animation : sistem animasi yang membagi-bagi gambar sebuah karakter sesuai dengan kebutuhan dalam sebuah adegan. Tujuannya adalah untuk me-minimalisasikan waktu pengerjaan karena sistem ini hanya mengganti anggota tubuh karakter tertentu ( misalnya gerakan bibir untuk dalog ) tanpa merubah posisi anggota tubuh lainnya dalam adegan yang berbeda. 3. Animasi Komputer
Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan dikomputer. Melalui camera movement, keseluruhan object bisa diperlihatkan secara 3 dimensi; sehingga banyak yang menyebut animasi ini sebagai animasi 3 dimensi ( 3D animation ), Awal perkembangan 3D animation sesungguhnya sudah dimulai sejak tahun 1964, ketika Ivan Sutherland dari Massachussetts Institute of Technology berhasil mengembangkan sebuah program bernama Sketchpad yang mampu menggambar sinar-sinar garis langsung pada cathoda ray tube ( crt ). Hasilnya adalah sebuah object yang sederhana dan primitif ; sebuah kubus dengan garis-garis, kelompok gambar geometris yang sangat sederhana namun membuka pandangan manusia tentang bagaimana computer graphic bisa digunakan.
Sejak New York Institute of Technology ( NYIT ) memulai rencananya untuk menciptakan computer-animated feature film (1970), gelombang pertama dari commercial computer graphic studio mulai terlihat. Film visionary George Lucas merekrut Catmul dari NYIT pada tahun 1978 untuk membuka Lucas Film Computer Development Division. Pada saat Lucas Film sedang mengadakan riset tentang bagaimana pengaplikasian digital teknologi terhadap feature film, studio-studio lain mulai menciptakan flying logo dan broadcast graphic untuk beberapa perusahaan seperti National Football League, dan televisi program seperti The NBC dan ABC World news Tonight.
Sampai saat ini banyak sekali software-software 3D yang digunakan di pasaran. Sedangkan untuk effect house yang berskala besar, mereka lebih cenderung menggunakan software yang mereka kembangkan sendiri yang disebut prophiety software. Untuk software-software yang bersifat komersil banyak nama-nama yang kita kenal seperti Alias Power Animator, Softimage, 3D Max,dll.
Proses 3D Animasi
3D animasi membutuhkan proses yang relatif lebih sederhana dibandingkan 2D animasi ( cel animation ) karena semua proses bisa langsung dikerjakan dalam satu computer software.
itulah sob... istilah istilah dalam animasi
sedikit sedikit kita taulah tentang animasi ya sob biar gak ketinggalan zaman
syukur kalo kita bisa buat animasi yang luar biasa yang biasa
ok sob... betul gak
nich perkenalkan animasi selanjutnya yang kami buat hanya untuk anda sebagai pelepas kejenuhan hehehe
mau liat gak sob...?
nich...
Photobucket

Raja Anuar Ali.... namanya juga RAJA sob... kita harus tunduklah....kwkwkwkw
sob.... semua animasi ini kami buat hanya di sotosop CS 3 llloooo eh salah sob... tu nama panggilan akrab kami kepada tuan photosop CS 3 bukan sotosop ea inget hehehehe ada disana layanan untuk membuat animasi
maklum sob... kita kan baru awam dalam pembuatan animasi jdi jangan marah ea.. animasinya getoooo getooo terus hehehehehe
sob nich sedikit kami kasih bocoran cara pembuatan animasi
mau tak... tapi jangan berisik berisik yach... namanya juga bocoran kwkwkwkwkw
ni sob tar jangan lupa ea di coba dicoba dicoba beli satu dapat gelas cantik kwkwkwkw
Langkah-langkah Membuat Animasi
Langkah-langkah membuat animasi berputar dan berubah tempat:
1. Buka aplikasi Macromedia Flash Professional 8
2. Pilih type Flash Document
3. Pada Properties, kita dapat merubah size media kita bekerja
4. Ambil Oval Tool, buat lingkaran sambil menekan tombol Shift agar lingkaran memiliki jari-jari yang sama
5. Ambil Rectangel Tool, buat persegi panjang dengan warna yang berbeda yang memotong lingkaran menjadi dua sama besar
6. Ambil Selection Tool, drag lingkaran hingga gambar lingkaran tampak kabur seluruhnya
7. Ambil menu Modify, pilih Group hingga lingkaran dikelilingi persegi bergaris biru
8. Klik kanan frame yang memiliki jarak agak berjauhan dari frame 1, pilih Insert Keyframe hingga muncul garis lurus yang menghubungi frame 1 dengan frame yang anda pilih
9. Pada Properties, ubah Tween menjadi Motion
10. Pada Properties, ubah Rotate menjadi CW/CCW
11. Ulangi langkah 9 dan 10 pada frame 1
12. Untuk mendapatkan efek berjalan, lakukan juga langkah 8, 9, dan 10 pada frame antara frame 1 dan frame yang anda pilih sebelumnya
13. Lalu ubah posisi gambar lingkaran pada frame antara frame 1 dan frame yang anda pilih sebelumnya tersebut ke posisi yang berbeda dari sebelumnya
14. Untuk melihat hasil kerja, ambil menu Control, pilih Test Movie.

Langkah membuat animasi berubah bentuk dan berubah warna:
1. Buka aplikasi Macromedia Flash Professional 8
2. Pilih type Flash Document
3. Pada Properties, kita dapat merubah size media kita bekerja
4. Ambil Oval Tool, buat lingkaran sambil menekan tombol Shift agar lingkaran memiliki jari-jari yang sama
5. Klik kanan frame yang memiliki jarak agak berjauhan dari frame 1, pilih Insert Keyframe hingga muncul garis lurus yang menghubungi frame 1 dengan frame yang anda pilih
6. Pada Properties, ubah Tween menjadi Shape
7. Ambil Subselection Tool, klik pada frame yang anda pilih tadi hingga muncul titik-titik pada lingkaran
8. Tarik titik-titik tersebut hingga membentuk suatu bentuk yang anda inginkan
9. Ambil Selection Tool, lalu aktifkan gambar yang telah anda bentuk tadi. Dan untuk dapat memberi efek berubah warna, pada Properties ambil Fill Color lalu ubah warna gambar tersebut dengan warna yang berbeda dari warna sebelumnya
10. Lakukan langkah 6 pada frame 1
11. Untuk melihat hasil kerja, ambil menu Control, pilih Test Movie.


Langkah membuat animasi berubah kedudukan dan berubah kemiringan:
1. Buka aplikasi Macromedia Flash Professional 8
2. Pilih type Flash Document
3. Pada Properties, kita dapat merubah size media kita bekerja
4. Ambil Text Tool, buat kotak untuk mengetik kalimat yang anda inginkan
5. Ketik kalimat dalam kotak tersebut, pada Properties anda dapat mengubah font serta font size nya
6. Klik kanan pada form 1, pilih Copy Frames
7. Copy-kan frames tadi ke frame 2 hingga frame yang anda inginkan dengan cara klik kanan frame, pilih Paste Frames
8. Untuk mendapatkan efek berubah kedudukan dan berubah kemiringan, ubah posisi teks tersebut ke posisi yang anda inginkan pada setiap frame. Untuk merubah kemiringan, ambil Free Transform Tool lalu ubah kemiringannya sesuai dengan yang anda inginkan pada setiap frame

setelah keliling keliling jungkir balik membahas animasi sekarang saya akan mencontohkan cara buat animasi
yang seperti animasi di atas itu tuch... hehehehe
ok  ? :)
mau gak ?
ok sob mulai yach...
yuk ah silahkan klik link di bawah ini ( gewatkeun ulah lila teuing heheh )
http://mahakarya-mahasiswa-karimun-ti.blogspot.com/2011/05/cara-buat-animasi-di-photosop-cs-3.html

0 komentar: